Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Pages

Blogger templates

dengan tulisan aku mencoba untuk bermanfaat, dengan tulisan aku mencoba berkarya

Categories

RSS

Kapitalisme Mengubah Hakikat Manusia



Kepitalisme Mengubah Hakikat Manusia
Manusia adalah makhluk yang diciptakan paling sempurna dari makhluk lainnya. Pada dasarnya yang membedakan manusia dengan mkhluk lainnya adalah akal pikiran yang dimiliki manusia secara unik dan khusus. Menurut Kalr Marx ( Ritzer, 2013 ) yang membedakan manusia dengan binatang ialah manusia dengan sifat dasarnya dalam mengekspresikan ide-ide dan gagasan-gagasannya dalam dunia kerja.
Binatang seperti halnya lebah dalam membuat sarangnya tanpa perencanaaan yang khusus dan dengan alamiahnya sehingga tercipta sarang lebah dengan sedemikian rupa lengkap dengan madu yang dihasilkan. Berbeda dengan seorang arsitektur dalam membuat jembatan tentu sebelumnya ada perencanaan yang mendalam sanpai terbanggun sempurna sebuah jmbatan. Sehingga jembatan yang dihasilkan adalah hasil dari imajinasi, ide, dan gagasan sang arsitektur
Kerja memang tak lepas dari sifat dasar manusia. Sehinnga kerja dapat menjelaskan arti manusia itu sendiri. Dalam menciptakan sebuah produk/ karya tentulah akan mencerminkan sifat dari sang pencipta tersebut. Dalam bukunya Karl Marx jelas menyebutkan bagaimana peran kerja dalam menjelaskan sifat manusia.
Kerja adalah pertama dan utama sekali, suatu proses di mana manusia dan alam sama-sama terlibat, dan di mana manusia dengan persetujuan dirinya memulai, mengatur, mengontrol reaksi-reaksi material antara dirinya dengan alam…. Dengan bertindak terhadap dunia eksternal dan mengubah sifat dasar dirinya. Dia mengembangkan kekuatan yang tidak aktif dan memaksanya untuk bentindak patuh terhadap kekuasaaannya…
(Marx, 1867/1967:177-17, dalam Ritzer 2013)
            Dalam kerja juga di mana mengekspresikan manusia dengan kebutuhannya. Tujuan dalam bekerja sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia baik secara rohani ( puas dengan hasil karya yang dibuat ) maupun jasmani. Selain itu, kerja juga dapat mentransformasi kebutuhan manusia. Misalnya saja dalam penciptaan komputer, awal diciptakanya komputer tidak dirasa begitu dibutuhkan, setelahnya komputer serasa barang yang wajib untuk dimiliki pribadi. Sehingga dalam penciptaan komputer akan mentransformasikan kebutuhan manusia (komputer memerlukan softwere, pulsa, dll yang mendukung pengoprasionalan komputer).  
            Akan tetapi, ini akan berubah seketika ketika masa kapitalisme datang. Di mana masa yang menciptakan pemilik modal (kapitalis) dan para pekerjanya (proletar). Dalam dunia kapitalis manusia tidak bisa secara bebas mengekspresikan idenya dalam penciptaan suatu produk semua sudah ditentukan oleh pemilik modal. Sehingga keadaan ini menghasilkan situasi yang dinamakan alienasi di mana manusia terasingkan dari dirinya sendiri dan produk yang di hasilkan.
            Dalam kapitalis, para pemilik modal akan menentukan produk yang diciptakan dan para pekerja akan bekerja sesuai dengan apa yang ditentukan. Inilah yang menyebabkan manusia terasing dari produk yang ia ciptakan sendiri. Manusia yang bekerja tidak lagi bebas mengekspresikan gagasan, ide yang mereka miliki. Orientasi yang mereka miliki hanya bekerja untuk mendapatkan uang untuk bertahan hidup. Lebih ironisnya manusia bekerja demi uang dan uangnya akan dibuat untuk membeli barang yang ia ciptakan sendiri. Seorang pekerja di pabrik baju tidak akan memiliki baju jika tidak membelinya dan untuk membelinya dia harus bekerja di pabrik baju.
            Kapitalis bukan hanya akan alienasi dirinya dengan hakikatnya yang sesungguhnya. Dalam kapitalisme kita tidak lagi bisa memberi nilai pada uang tapi uanglah yang akan menilai kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar