Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Pages

Blogger templates

dengan tulisan aku mencoba untuk bermanfaat, dengan tulisan aku mencoba berkarya

Categories

RSS

pengobatan tradisional



Berkembangnya Pengobatan Tradisional di Zaman Modern
            Zaman modern adalah zaman di mana manusia sudah berpikir rasional dan terjadi banyak kemajuan di segala bidang baik ekomoni, pendidikan, dan teknologi. Di zaman modern seperti sekarang ini banyak bermunculan teknologi-teknologi yang canggih baik dalam bidang komunikasi, alat rumah tangga bahkan kesehatan. Dalam kesehatan sendiri sekarang banyak berdiri rumah sakit- rumah sakit modern yang di penuhi alat-alat canggih. Akan tetapi, dalam kenyataannya pengobatan-pengobatan tradisional juga tak kalah berkembangnya dengan rumah sakit-rumah sakit modern dengan segala alat-alat modernnya. Pengobatan tradisional memang punya daya tarik tersendiri bagi peminatnya ini terbukti dengan banyaknya jenis-jenis pengobatan tradisional yang bermunculan dan berkembang pesat.
Begitu banyaknya jenis-jenis pengobatan tradisional juga berdampak pada banyaknya tempat-tempat yang menyediakan jasa pengobatan tradisional dari yang terapi pikiran, terapi fisik, sampai terapi energi. Dan tempat-tempat tersebut juga tak kalah dengan rumah sakit modern yang juga punya banyak pasien. Berikut contoh tempat pengobatan tradisional yang cukup terkenal di Indonesia seperti pengobatan Gus Muh yang menggunakan pengobatan dengan media doa dan pembacaan ayat-ayat Al-quran, pengobatan herbal Jeng Ana, pengobatan klinik Abdul Fatah dari Lamongan, dan lain sebagainya.
Sebagai contoh nyata, salah satu tempat pengobatan tradisional yang cukup terkenal dan banyak pasien yang datang untuk berobat sampai bisa sembuh nama tempatnya adalah balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin yang bertempat di daerah Bandung. Dalam pengobatan di tempat ini menggunakan obat-obat yang alami yang sudah teruji khasiatnya. Banyak pasien juga yang mengaku sembuh setelah berobat ke tempat ini contohnya Sri Astuti (36 tahun) dari Tasikmalaya yang menderita hepatitis B mengaku sembuh setelah beberapa kali berobat ke tempat ini.
Secara sosiologis, fenomena pengobatan tradisional yang berkembang di Indonesia pada zaman modern ini dapat dikaji dengan perspektif fungsionalis.
            Pengobatan tradisional yang notabene pengobatan yang menggunakan obat-obat alami dan tidak menggunakan alat-alat medis seperti yang ada  di rumah sakit. Dalam sistem pengobatan tradisional mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang tidak di miliki oleh pengobatan yang ada di rumah sakit modern sehingga ada dis-fungsi rumah sakit modern yang fungsi tersebut dimiliki oleh pengobatan tradisional. Inilah yang menjadi alasan masyarakat lebih memilih untuk datang ke pengobatan tradisional. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:
Ø  Dalam pengobatan tradisional cenderung menggunakan obat-obat yang alami dan non-kimiawi sehingga lebih aman dan lebih tidak beresiko berbeda dengan pengobatan di rumah sakit yang banyak menggunakan obat-obat yang bersifat kimiawi.
Ø  Pengobatan tradisional tidak menggunakan alat-alat medis seperti alat-alat operasi karena dalam pengobatan tradisional sistem pengobatannya tidak dengan jalan operasi dan cenderung menggunakan berbagai jenis terapi sehingga pasien tidak merasa sakit saat pengobatan.
Ø  Pengobatan tradisional cenderung tidak bersifat ketergantungan karena kebanyakan menggunakan bahan yang alami.
Fungsi-fungsi tersebutlah yang menjadi pertimbangan masyarakat yang lebih memilih pengobatan tradisional sehingga pengobatan tradisional tetap berkembang di zaman modern. Secara irasional pengobatan tradisional juga mempunyai fungsi yang tidak bisa di jelaskan secara ilmiah yaitu berupa keyakinan dan kepercayaan yang berkembang di tengah masyarakat. kepercayaan-kepercayaan inilah yang juga menjadi daya tarik masyarakat seperti kepercayaan yang berasal dari agama, dalam pengobatan tradisional juga banyak yang mengunakan lebel agama dan cara-cara yang dianjurkan dalam agama seperti pembacaan ayat-ayat Al-Quran. Kepercayaan inilah yang membawa masyarakat menjadi yakin dan tersugesti untuk sembuh sehingga fungsi ini juga perperan dalam berkembangnya pengobatan tradisional. Selain itu, ada sistem kepercayaan yang diturunkan secara turun temurun juga bisa berperan.
Selain, mempunyai fungsi-fungsi yang khusus, pengobatan tradisional juga menawarkan sistem birokrasi yang mudah dan tidak ribet sepeti rumah sakit-rumah sakit modern yang system birokarsinya sulit apalagi jika ini terjadi pada pasien yang tidak punya cukup uang.
Fungsi-fungsi inilah yang sangat mendorong berkembangnya pengobatan tradisional di zaman modern ini.


Daftar pustaka
·         Chris.2009. “macam-macam pengobatan tradisional”. Diakses pada 23-02-2009 16:44 dari www.avanzaxenia.net
·         Ritzer, George dan Douglas Goodman.2008.teori sosiologi. Yogyakarta: kreasi wacana
·         http://klinikherbaljengana.com/ .
·         http://www.djamilah-najmuddin.com/bukti-hasil-laboratorium-pasien . Diakses pada 26 Februari 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar